Takdir Bisa Dirubah dengan Pilihan Hidup



Sabda Rasulullah:
Dari Abu 'Abdirrahman Abdullah bin Mas'ud radhiallahu 'anh, dia berkata : bahwa Rasulullah telah bersabda, "Sesungguhnya tiap-tiap kalian dikumpulkan penciptaannya dalam rahim ibunya selama 40 hari berupa nutfah, kemudian menjadi 'Alaqoh (segumpal darah) selama itu juga lalu menjadi Mudhghoh (segumpal daging) selama itu juga, kemudian diutuslah Malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya lalu diperintahkan untuk menuliskan 4 kata : Rizki, Ajal, Amal dan Celaka/bahagianya. maka demi Alloh yang tiada Tuhan selainnya, ada seseorang diantara kalian yang mengerjakan amalan ahli surga sehingga tidak ada jarak antara dirinya dan surga kecuali sehasta saja. kemudian ia didahului oleh ketetapan Alloh lalu ia melakukan perbuatan ahli neraka dan ia masuk neraka. Ada diantara kalian yang mengerjakan amalan ahli neraka sehingga tidak ada lagi jarak antara dirinya dan neraka kecuali sehasta saja. kemudian ia didahului oleh ketetapan Alloh lalu ia melakukan perbuatan ahli surga dan ia masuk surga. [Bukhari no. 3208, Muslim no. 2643]

ini adalah sebuah hadits ketetapan syurga dan neraka pada takdir seseorang. Pena Penulis takdir sudah diangkat dari lembaran-lembaran Lauh Mahfuzh. Tintanya pun sudah kering. Jika sudah seperti itu, kita pasrah aja karena hidup kita tak bakalan berubah???

hahaha jangan dulu berkonsepkan seperti itu, kedudukan al Qur'an lebih tinggi dari kedudukan hadits, walau pun kedudukannya imbang tetap saja ada takdir lain yang berbicara, yaitu kita diberi pilihan. Apa pilihan itu???

Firman Allah:
"...Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri..." (Ar Ra'ad: 11)

"...maka barangsiapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barang siapa yang ingin (kafir) biarlah ia kafir..." (Al Kahfi: 29)

"Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan." (Al Balad: 10)

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu..." (Ali Imran: 133)

Kita sudah diberitahukan bahwa hidup adalah pilihan, jika ia tidak memilih hidupnya, maka hidupnya akan ditentukan oleh takdirnya. setiap pilihan adalah resiko. Pilihan hidup ke jalan yang baik resikonya adalah tantangan, cobaan dan ujian, ujungnya adalah syurga. Pilihan hidup ke jalan yang jahat resikonya adalah tantangan, cobaan dan ujian, ujungnya adalah neraka.

Allah yang menciptakan kita, takdir-Nya bisa dirubah dengan pilihan kita,,,

Dalam urusan jodoh pun, kita diberikan pilihan. Allah hanya mempertemukan insannya karena jodoh artinya adalah pertemuan, selanjutnya insan-Nyalah yang menentukan mau bersatu sebagai suami istri atau tidak. Ketika tidak dapat bersatunya dua insan dikarenakan melewati ujian yang begitu menghancurkan hubungan mereka sebenarnya itu hanyalah bumbu-bumbu ujian seberapa kuatnya mereka konsisten dengan pilihannya. jika mereka begitu mudah patah arang terhadap ujian dan membuat mereka tidak dapat bersatu maka jangan pernah berkonsep 'inilah takdir' sebab mereka itu telah gagal dalam ujian pilihan hidup mereka sendiri. Dan seandainya mereka konsisten pada hubungan mereka, tentunya mereka pun akan menemukan takdir yang lain.

Orang tua yang menjodohkan anaknya, anaknya bisa merubah keputusan orang tuanya. Jika anaknya tidak mau memutuskan pilihannya, maka perjodohan yang dilakukan oleh orang tuanya pun akan terlaksana, inilah seleksi alam. Orang tua pun yang menetapkan perjodohan seperti itu, hari ini bisa saja 'iya', tapi tat kala penetapan tanggal itu tiba, sang ayah mengatakan 'tidak', ternyata penetapan jodoh pun oleh sang ayah juga bisa berubah keputusan...

Nabi bersabda:
"Berbuatlah kalian! karena setiap orang dipermudah kepada apa yang diciptakan untuknya" (HR. Muslim)


Sumber : facebook.com

Labels:

Post a Comment

Smaya >> Kebijakan Komentar
Kami senang dengan komentar yang santun
Baca Kebijakan Berkomentar kami sebelum berkomentar.

SMA YAPIP MAKASSAR SUNGGUMINASA

{facebook#https://www.facebook.com/100012173117216} {twitter#https://twitter.com/schoolyapip/} {google-plus#https://plus.google.com/u/0/110901565791389610503} {pinterest#https://id.pinterest.com/mkssungguminasa/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UC-S_QsY5fXShgK_uu5-ezzw} {instagram#https://id.instagram.com/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget