Jangan Sia-siakan Keahlian Yang Anda Kuasai



"Barangsiapa yang sudah ahli (dalam memanah), kemudian meninggalkan keahliannya karena benci berarti ia menghapus nikmat yang telah diberikan Allah." (HR. An-Nasa'i)

Percayakah anda bahwa bakat ada pada tiap diri seseorang sejak ia lahir di muka bumi ini???

Dari Hadis di atas menjelaskan, bahwa Nabi menganjurkan kepada kita untuk selalu berlatih walaupun sudah menjadi seorang yang ahli di bidangnya, dan barangsiapa yang meninggalkannya maka ia benar-benar telah menghapus nikmat yang telah diberikan Allah kepadanya. Biasanya untuk kata "latihan" diperuntukkan hanya kepada orang-orang yang masih awam, tapi kali ini statement dari sebuah hadits memberikan penguatan bahwa kata "latihan" bukanlah milik orang-orang awam saja, tetapi milik semua kalangan.

Tidak perlulah berlatih jika sudah pandai memanah sejak lahir!!!

Tidak ada latihan tanpa kesulitan, tidak ada latihan tanpa mencucurkan keringat, bagaimana mungkin anda bisa menguasai sebuah keahlian tanpa sering berlatih untuk menggapainya. Setelah menggapai pun anda harus masih tetap berlatih agar bakat anda itu selalu terasah (terbiasakan) dan agar keahlian itu tidak meninggalkan anda. Dalam hal ini bisa ditarik sebuah kesimpulan, bahwa sebenarnya bakat itu tidak ada, yang ada adalah orang yang giat berlatih sehingga memunculkan sebuah bakat. Tidak dengan berlatih, maka bakat pun tidak akan bermunculan.

Sebuah pepatah mengatakan:

"melakukan sesuatu itu sangat mudah, tapi memelihara adalah sesuatu yang sangat sulit"

dalam hal yang lain ada juga pepatah yang mengatakan bahwa "mencapai sesuatu membutuhkan proses dengan waktu yang lama, tetapi menghancurkannya hanya membutuhkan waktu sesaat saja."

Banyak orang yang mampu menghafal Al-Qur'an, akan tetapi memelihara agar tetap hafal sampai meninggal dunia itulah yang sangat sulit. Menjadi orang saleh membutuhkan waktu yang begitu lama agar sikap kesalehan itu bisa mendarah daging di tubuh sesorang, akan tetapi menghancurkannya dengan menjadi orang yang salah itu hanya membutuhkan beberpa detik saja. "Panas setahun disapu hujan sehari" walaupun anda memiliki banyak amalan-amalan dimulai dari masih belia sampai di masa tua, namun meninggalnya dengan cara bunuh diri ujungnya hanya neraka juga.

Mudah-mudahan kita semua selalu menjaga nikmat Allah dengan selalu belajar dan melatih diri, sehingga kita semua benar-benar menjadi mampu dan ahli.

Amin!!!

"Lapangan es, meskipun licin akan menjadi surga bagi mereka yang pandai berdansa (Ice Skating)." (Fredrich Nietzche)


Sumber :  facebook.com

Labels:

Post a Comment

Smaya >> Kebijakan Komentar
Kami senang dengan komentar yang santun
Baca Kebijakan Berkomentar kami sebelum berkomentar.

SMA YAPIP MAKASSAR SUNGGUMINASA

{facebook#https://www.facebook.com/100012173117216} {twitter#https://twitter.com/schoolyapip/} {google-plus#https://plus.google.com/u/0/110901565791389610503} {pinterest#https://id.pinterest.com/mkssungguminasa/} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UC-S_QsY5fXShgK_uu5-ezzw} {instagram#https://id.instagram.com/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget